NILAI SEJARAH KEMARITIMAN KEDATUAN SRIWIJAYA BAGI INDONESIA

Kabib Sholeh, Sukardi Sukardi, Aan Suriadi, Liza Nadiya

Abstract


Indonesia sudah seharusnya tidak hanya berjaya di darat tetapi juga berjaya dan berdaulat di laut dan di darat dapat terlaksana dengan baik. Menarik lagi bagi pemerintah terkait nilai-nilai sejarah kemaritiman Sriwijaya untuk dimaknai bukan hanya sebagai bacaan sejarah saja tetapi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya belum dipahami dengan mendalam, padahal membawa dampak positif bagi pembangunan dunia maritim di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai sejarah kemaritiman Sriwijaya bagi Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode sejarah dengan langkah-langkahnya adalah, heuristik (pengumpulan data), verifikasi data (kritik sumber), interpretasi sejarah (penafsiran sejarah) dan historiografi (penulisan sejarah). Kesimpulan penelitian ini adalah sejarah kemaritiman Sriwijaya memiliki nilai-nilai sejarah dan budaya yang luar biasah yaitu nilai politik maritim, ekonomi maritim, sosial-budaya maritim sehingga dari nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai bentuk dasar nilai yang pernah hidup dan pernah ada di Indonesia dalam ikut serta membangun kemajuan maritim di Indonesia.


Keywords


Maritim, Nilai, Sejarah, Sriwijaya

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Dudung. 1999, Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Achadiati, Y. 1988. Sejarah Peradaban Manusia “Zaman Sriwijaya”. Jakarta: P.T Gita Karya.

Dick-Read, Robert. 2008. Penjelajahan Bahari “Pengaruh Peradaban Nusantara di Afrika”. (Terjemahan). Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Hakim, L. 2012. Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1), 67-77.

Janna, Rikhul. 2020. Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, diuduh pada : https://kmip.faperta.ugm.ac.id/indonesia-sebagai-poros-maritim-dunia/

Kurnia, Nia dan Sholihat Irfan. 1983. Kerajaan Sriwijaya. Jakarta: PT. Girimukti Pasaka.

Munoz, Paul Michel. 2009. Kerajaan-kerajaan Awal Kepulauan Indonesia dan Semenanjung Malaysia. “Perkembangan Sejarah dan Budaya Asia Tenggara” (Jaman Pra Sejarah – Abad XVI). Yogyakarta: Mitra Abadi.

Nurrohim, N. (2020). Kerajaan dan Komunitasnya: Sejarah dan Teori Keberadaan Komonitas Bahari di Masa Sriwijaya. Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam, 4(2), 133-142.

Poesponegoro, Marwati Djoened dan Nugroho Notosusanto. 1990. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.

Sholeh, K. 2019. Pelayaran Perdagangan Sriwijaya Dan Hubungannya Dengan Negeri-Negeri Luar Pada Abad VII-IX Masehi. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 7(1), 1-20.

Susanto, Haris, Meriaty Saragih dan Merlina. 1991. Informasi Data Kedatuan Sriwijaya Dalam Berbagai Aspek di Sumatera Selatan. Palembang: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Museum Negeri Sumatera Selatan Bala Putra Dewa.

Sholeh, K. 2016. Kafilah dagang Muslim dan Peranan Maritim Kerajaan Sriwijaya di Palembang pada abad vii-ix masehi. Kalpataru Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 1(1).

Sholeh, K. 2017. Prasasti Talang Tuo Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Sebagai Materi Ajar Sejarah Indonesia Di Sekolah Menengah Atas. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(2), 175-194.

Sholeh, K., Sari, W. N., & Berliani, L. (2019). Jalur Pelayaran Perdagangan Kuno Di Selat Bangka Sebagai Letak Strategis Berkembangnya Kekuasaan Maritim Sriwijaya Abad Vii-Viii Masehi. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 25-34.

Sjamsuddin, Helius. 2012. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Tim Penelitian Balai Arkeologi Palembang 1992. Himpunan Hasil Penelitian Arkeologi di Palembang Tahun 1984-1992. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Depdikbud.

Utomo, Bambang Budi. 2010. Ekspedisi Sriwijaya Mencari Jalur yang Hilang. Palembang: Balai Arkeologi Palembang.

Wasino, 2018. Metode Penelitian Sejarah, Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Wiyana, B. (2014). Hubungan Perdagangan Antara Pantai Timur Sumatera Selatan Dengan Dunia Luar. Jurnal Arkeologi, 78.




DOI: https://doi.org/10.36424/jpsb.v8i2.323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA INDEXED BY:    

                                     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.