SURAN DI TENGAH PAGEBLUG: DAMPAK COVID-19 TERHADAP TRADISI JAWA PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Adi Putra Surya Wardhana, Fiqih Aisyatul Farokhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pageblug Covid-19 terhadap tradisi Suran pada masa Adaptasi kebiasaan baru. Suran berasal dari kata Sura, yaitu bulan pertama dalam sistem penanggalan yang dibuat oleh Sultan Agung. Suran adalah tradisi perayaan pergantian tahun Jawa. Namun, perayaan ini terganggu dengan datangnya pageblug Covid-19. Ada beberapa permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Pertama, penelitian membahas mengenai asal usul Sura dalam sistem penanggalan Jawa yang dikeramatkan oleh orang Jawa. Kedua, penelitian membahas bentuk tradisi Suran di lingkungan pusat kekuasaan Jawa dan beberapa daerah pedalaman. Ketiga, penelitian membahas tentang dampak Covid-19 terhadap perubahan tradisi Suran di Jawa khususnya pusat kebudayaan Jawa, yaitu istana. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif. Studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan data tentang pelaksanaan Suran pada masa adaptasi kebiasaan baru. Tradisi Suran di pusat kebudayaan Jawa mengalami perubahan karena harus mematuhi kebijakan pemerintah dan protokol kesehatan. Tradisi Suran di beberapa daerah juga dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Namun demikian, makna tradisi Suran tidak mengalami perubahan, yaitu laku prihatin dan mawas diri demi memperoleh keselamatan.


Keywords


Tradisi Suran, pageblug, Covid-19, kenormalan baru

Full Text:

PDF

References


Amelia, N. (2020, Januari 31). Mengenal Perkembangan Jenis Baru Virus Corona yang Infeksi Ribuan Orang. UNAIR NEWS. Diambil dari http://news.unair.ac.id/2020/01/31/mengenal-perkembangan-jenis-baru-virus-corona-yang-infeksi-ribuan-orang/

Anis, M. (2014). Suran: Upacara Tradisional dalam Masyarakat Jawa. Jurnal Seuneubok Lada, 2(1), 53–60.

Azhari, S., & Ibrahim, I. A. (2008). Kalender Jawa Islam: Memadukan Tradisi dan Tuntutan Syar’i. Jurnal Asy-Syir’ah, 42(I), 131–147.

Bratasiswara, H. (2000). Suran Dalam Pembudayaan Waktu Jawa. Jakarta: Pengurus Pusat Himpunan Kerabat Mangkunegaran Suryosumirat.

Budi, M. (2015, Oktober 13). Beda Dasar, Kirab Pusaka Malam Satu Suro di Solo Digelar Beda Waktu. Detik.com. Diambil dari https://news.detik.com/berita/d-3043422/beda-dasar-kirab-pusaka-malam-satu-suro-di-solo-digelar-beda-waktu

CNN Indonesia. (2020, Agustus 20). Sepi Malam 1 Suro Yogya: Nihil Lampah Budaya dan Tirakatan. CNN Indonesia. Diambil dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200820121505-284-537626/sepi-malam-1-suro-yogya-nihil-lampah-budaya-dan-tirakatan

Dani, A. A., & Chotijah, S. (2019). Pesan Dakwah Dalam Kirab Budaya Malam 1 Suro Kraton Kasunanan Surakarta. HIKMAH, 13(1), 60–74.

Davis, A. (2008). Investigating Cultural Producers. In M. Pickering (Ed.), Research Methods for Cultural Studies (hal. 53–67). Edinburgh: Edinburgh University Press Ltd.

Efizudin, A. (2020, Agustus 19). Tradisi malam Satu Suro di tengah pandemi COVID-19. ANTARA. Diambil dari https://kalteng.antaranews.com/nasional/berita/1678582/tradisi-malam-satu-suro-di-tengah-pandemi-covid-19?utm_source=antaranews&utm_medium=nasional&utm_campaign=antaranews

Fadlan, M., Sudjarwo, & Sinaga, R. M. (2020). Social Action in Suroan Tradition in Javanese Society. EUROPEAN ACADEMIC RESEARCH, VII(11), 5573–5588.

Giri, W. (2010). Sajen & Ritual Orang Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Hakim, L. (2020, Februari 17). Budi Karya: Virus COVID-19 tidak masuk Indonesia karena “nasi kucing.” antaranews.com. Diambil dari https://www.antaranews.com/berita/1302390/budi-karya-virus-covid-19-tidak-masuk-indonesia-karena-nasi-kucing

Hui, L., Qiao-ling, T., Ya-xi, S., Shi-bing, L., Ming, Y., Robinson, N., & Jian-ping, L. (2020). Can Chinese Medicine Be Used for Prevention of Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)? A Review of Historical Classics, Research Evidence and Current Prevention Programs. Chinese Journal Integrative Medicine, 26(4), 243–250. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.1007/s11655-020-3192-6

Imamah, F. M. (2017). Seeking for Berkah: the Celebration of Kiai Slamet. Kawalu: Journal of Local Culture, 4(1), 85–106.

Isha’an, M. (2020, Agustus 18). Keraton Surakarta Meniadakan Kirab Kerbau Bule 1 Suro. rri.co.id. Diambil dari https://rri.co.id/surakarta/seni-budaya/885297/keraton-surakarta-meniadakan-kirab-kerbau-bule-1-suro?utm_source=news_populer_widget&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General Campaign

Jahangir, M. A., Muheem, A., & Rizvi, M. F. (2020). Coronavirus (COVID-19): History, Current Knowledge and Pipeline Medications. International Journal of Pharmaceutics & Pharmacology, 4(1). https://doi.org/10.31531/2581-3080.1000140

Kamajaya, K. (1985). Kebudayaan Jawa Perpadan dengan Islam. Yogyakarta: Ikatan Penerbit Indonesia Cabang Yogyakarta.

Kaplan, D., & Manners, A. A. (2012). Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liputan6.com. (2020, Agustus 21). Menjaga Tradisi Grebeg Suro di Tengah Pandemi COVID-19. Liputan6.com. Diambil dari https://surabaya.liputan6.com/read/4336008/menjaga-tradisi-grebeg-suro-di-tengah-pandemi-covid-19

Lombard, D. (2005). Nusa Jawa Silang Budaya Bagian II: Jaringan Asia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Magnis-Suseno, F. (1984). Etika Jawa. Jakarta: PT. Gramedia.

Nuraini, T. N. (2020, April 2). Kronologi Munculnya Covid-19 di Indonesia hingga Terbit Keppres Darurat Kesehatan. Merdeka.com. Diambil dari https://www.merdeka.com/trending/kronologi-munculnya-covid-19-di-indonesia-hingga-terbit-keppres-darurat-kesehatan-kln.html

Nurshodiq. (2012). Tradisi Suran dalam Masyarakat Jawa (Studi Perbandingan antara Wilayah Surakarta dengan Wonosobo). Journal of Educational Social Studies, 1(1), 55–59. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess

Pangaribowo, W. S. (2020, Agustus 19). Patuhi Imbauan Pemerintah, Keraton Yogyakarta Tiadakan Tradisi Mubeng Beteng di Malam 1 Suro. Kompas.com. Diambil dari https://yogyakarta.kompas.com/read/2020/08/19/13574321/patuhi-imbauan-pemerintah-keraton-yogyakarta-tiadakan-tradisi-mubeng-beteng

Perpustakaan Nasional. (2017). Sejarah Kerbau Kyai Slamet salah satu Pusaka Keraton Kasunanan Surakarta. Diambil 15 Agustus 2020, dari http://keraton.perpusnas.go.id/node/261

Puro Mangkunegaran. (2020, Agustus 10). Puro Mangkunegaran Kirab Pusakadalem 1 Suro Jimakir 1954 Ditiadakan. Puro Mangkunegaran. Diambil dari https://puromangkunegaran.com/kirab-pusakadalem-1-suro-jimakir-1954-ditiadakan/

Ranggawarsita. (1913). Serat Widya Pradhana. Surakarta: Sasana Pustaka Kasunanan Surakarta.

Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ricklefs, M. C. (2008). Sejarah Indonesia Modern 1200-2008. Jakarta: Serambi.

Safera, D., & Huda, M. C. (2020). Tradisi Suroan sebagai Tapak Tilas Walisongo (Studi di Desa Jatirejo Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang). Al-Mada; Jurnal Agama, Sosial dan Budaya, 3(1), 66–79. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/almada.v3i1.500

Safitri, D. P., Sohibussafa’ah, & S, A. D. (2019). Persepsi Mahasiswa IAIN Surakarta terhadap Ritual 1 Suro Keraton Kasunanan Surakarta. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 3(2), 205–218.

Sajid, R. (1984). Babad Sala. Surakarta: Reksa Pustaka Mangkunegaran.

Sunaryo, A. (2020, Agustus 20). Sambut Satu Suro, Keraton Surakarta Gelar Wilujengan Doakan Covid-19 Sirna. Merdeka.com. Diambil dari https://www.merdeka.com/peristiwa/

Tanaya, R. (1971). Kabudayan Paugeraning Taun Jawa: Kang bisa nyakup marang antarane: Kabudayan Jawa Asli, Kabudayan Hindhu lan Kabudayan ‘Arab. Pambuka Wewadining Neptu Taun lan Sasi. Surakarta: Yayasan Sastra Lestari.

TMII Official. (2020). Malam 1 Suro 1954/ 1 Muharram 1442 H. Diambil 19 Agustus 2020, dari https://youtu.be/lxbl1bCoqGA




DOI: https://doi.org/10.36424/jpsb.v7i1.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA INDEXED BY:    

                                     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.